Sabtu, 26 November 2011

Kasus rokok crystal

1. Identifikasikanlah penyebab turunnya penjualan Crystal yang begitu signifikan !
Jawab :
Turunnya penjualan Crystal disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang menaikkan cukai rokok yang awal nya Rp 500/bungkus menjadi naik Rp 600/bungkus. Hal ini berakibat turunnya penjualan Crystal sebesar 25% yaitu menjadi 30 juta batang/hari dari 40juta batang/hari.
2. Apakah turunnya penjualan ada hubungannya dengan perilaku konsumen ? Bila ada hubungannya uraikanlah bentuk perilaku konsumen yang telah menyebabkan terjadinya penurunan penjualan !
Jawab :
Ada ! Karena dengan kenaikan harga dari Rp 500 menjadi Rp 600/bungkus menyebabkan konsumen lebih memilih jenis rokok yang sudah ada terlebih dahulu dengan kualitas yang lebih baik. Apalagi sebagian besar konsumen Crystal adalah anak muda yang belum memiliki penghasilan, mungkin mereka lebih memilih tidak merokok, dari pada memilih untuk merokok tapi dengan biaya yg mahal..
3. Berdasarkan pertanyaan no 2 rekomendasi apa yang bisa anda sampaikan agar tidak terjadi penurunan penjualan lagi !
Jawab :
Kalo rekomendasi saya sich, karena pemerintah sudah menaikkan cukai rokok dan mungkin tidak bisa di rubah lagi maka Crystal harus lebih memperhatikan kualitas dan cita rasa dari rokok mereka agar tidak kalah saing oleh produsen rokok lainnya, seperti mengganti cover rokok agar lebih menarik dan variatif serta dalam kualitas rokok itu sendiri,mereka harus dapat menciptakan reasa baru yang di sukai oleh anak muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar